>
Newsticker ~ SELAMAT DATANG DI SD NEGERI LARANGAN ~ SELAMAT TAHUN BARU 2017 FOLLOW FB / TWITTER : Sdlarangan , Email : sdlarangan@gmail.com TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DI WEBLOG SD NEGERI LARANGAN ~ BERIKAN SARAN DAN PESAN ANDA ~ DUKUNG SD NEGERI LARANGAN MENJADI SEKOLAH ADIWIYATA ~ LIPUTAN NEWS KEGIATAN SEKOLAH ~ MENUJU SEKOLAH ADIWIYATA 2017 ~ TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN DAN SARAN ANDA KEPADA KAMI, SARAN DAN PESAN ANDA AKAN BERMANFAAT BAGI KAMI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA & KUALITAS PENDIDIKAN KAMI ~

OUTBOND SD NEGERI LARANGAN

CANDI- Outbound training adalah bentuk pembelajaran perilaku kepemimpinan dan manajemen di alam terbuka dengan pendekatan yang unik dan sederhana tetapi efektif karena pelatihan ini tidak sarat dengan teori-teori melainkan langsung diterapkan pada elemen-elemen yang mendasar yang bersifat sehari-hari, seperti saling percaya, saling memperhatikan serta sikap proaktif dan komunikatif.

Outbound merupakan salah satu metode pembelajaran modern yang memanfaatkan keunggulan alam. Para peserta yang mengikuti outbound tidak hanya dihadapkan pada tantangan intelegensia, tetapi juga fisik dan mental. Dan ini akan terus terlatih menjadi sebuah pengalaman yang membekali dirinya dalam menghadapi tantangan yang lebih nyata dalam persaingan di kehidupan sosial masyarakat.

Sisi menarik dari metode pembelajaran outbound adalah permainan sebagai bentuk penyampaiannya. Dalam permainan skill, individu tidak hanya ditantang berpikir cerdas namun juga memiliki kepekaan sosial. Dalam outbound peserta akan lebih banyak dituntut mengembangkan kemampuan ESQ (emotional and spiritual quotient)nya, disamping IQ (intellegent quotient). Metode outbound training memungkinkan peserta dalam aktivitasnya melakukan sentuhan-sentuhan fisik dengan latar alam yang terbuka sehingga diharapkan melahirkan kemampuan dan watak serta visi kepemimpinan yang mengandung nilai-nilai kejujuran, keterbukaan, toleransi, kepekaan yang mendalam, kecerdasan serta rasa kebersamaan dalam membangun hubungan antar manusia yang serasi dan dinamis.


TUJUAN

-Kegiatan ini diharapkan dapat memfasilitasi dan membantu tercapainya salah satu atau beberapa aspek dibawah ini, antara lain:



1. Pengembangan tim (tim building)

2. Pengembangan kepemimpinan (leadership)

3. Pengelolaan perubahan (managing change)

4. Pengembangan budaya organisasi (culture development)

5. Perencanaan strategis (strategic planning)

6. Pengembangan diri (personal development)



MANFAAT

1. Mempertebal rasa kepercayaan diri

2. Menumbuhkan rasa keberanian mengambil resiko

3. Meningkatkan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan

4. Membangkitkan kepekaan dan saling pengertian antar kelompok

5. Menumbuhkan motivasi dan berperan aktif

6. Mengembangkan rasa keyakinan untuk mengubah sesuatu yang dianggap 'tidak mungkin' menjadi 'mungkin'

7. Melahirkan semangat baru yang nantinya menjadi energi baru



TARGET

1. Tersedianya wahana dan pengalaman kerjasama tim yang menyenangkan bagi peserta

2. Peserta berani mengaktualisasikan potensi-potensi dalam dirinya

3. Peserta lebih optimis dalam menghadapi lingkungan kerja selanjutnya.



METODE PELATIHAN



1. Permainan kelompok

2. Kerja kelompok

3. Petualangan individual

4. Ceramah (keterkaitan antara kegiatan simulasi dengan prinsip-prinsip manajemen)

5. Diskusi (refleksi kegiatan)


Gallery (Pict.) :
Dokumentasi Outbond SD Negeri Larangan









Posting Komentar

Halaman Populer

Blogroll

Formulir Kontak Email

Nama

Email *

Pesan *